Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Pencernaan

Anda ingin memiliki tubuh yang sehat luar dan dalam?? Mari jaga kesehatan pencernaan mulai saat ini. Tidak perlu repot, inilah Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selamat datang kembali di salah satu situs resmi Alfian Herbal yang tak lain adalah agen penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam obat herbal yang sudah terbukti ampuh dalam mengobati segala jenis penyakit. Salah satunya menyediakan Ginkgo Biloba Plus Capsule yang merupakan obat peningkat daya ingat yang aman dan tanpa efek samping. Namun pada kesempatan ini kami bukan akan memberikan informasi mengenai produk-produk kami, melainkan akan memberikan info mengenai Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Pencernaan. Berikut informasi lengkapnya.

cara-sederhana-menjaga-kesehatan-pencernaan

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Pencernaan — Apa yang menjadi gaya hidup anda seperti makanan anda, cara anda makan, cara anda minum dan minuman anda, bisa memperngaruhi bagaimana tubuh anda mencerna makanan. Mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, memperoleh asupan gizi cukup dan asupan serat, serta kebiasaan olahraga bisa membuat kesehatan pencernaan menjadi lebih baik.

Sistem pencernaan makanan adalah proses alami tubuh untuk memecah makanan, sehingga berbagai nutrisi dalam makanan bisa diserap dengan baik. Jika anda mengabaikannya, maka anda bisa mengalami kekurangan nutrisi hingga meningkatkan risiko terkena berbagai macam masalah sistem pencernaan usus umum, seperti asam lambung, maag, ulkus/tukak lambung, bahkan hingga yang lebih menakutkan yaitu kanker usus.

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan secara langsung dipengaruhi oleh gaya hidup dan makanan yang Kita makan. Dengan mengikuti cara untuk meningkatkan kesehatan pencernaan berikut, maka sistem pencernaan akan berfungsi lebih efisien, sehingga pada akhirnya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

 

  • Mulai hari Anda dengan minuman yang benar

Meminum segelas air lemon hangat di pagi hari, dapat membantu merangsang saluran pencernaan Anda. Kebiasaan sehat ini membuat tubuh menjadi lebih baik dalam menyerap nutrisi, serta memudahkan makanan yang sudah dicerna untuk melintas disepanjang saluran pencernaan Anda.

  • Tetap terhidrasi dengan cara yang benar

Anda pasti sudah tahu bahwa minum air putih sepanjang hari memang baik untuk keseluruhan fungsi pencernaan Anda. Namun, apakah Anda juga tahu bahwa sebenarnya ada cara yang tepat agar tubuh tetap terhidrasi?

Caranya, daripada meminum air putih dalam jumlah banyak sekaligus (yang justru bisa membuat syok sistem pecernaan Anda dan akhirnya meneyebabkan perut jadi lebih terasa kembung), lebih baik minium air putih dengan jumlah yang stabil sepanjang hari.

  • Konsumsi makanan tinggi kandungan air

Selain meminum air putih untuk menjaga fungsi pencernaan, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang sarat dengan air, seperti semangka dan mentimun. Makanan tersebut juga bisa menjaga kesehatan pencernaan.

  • Pisang

Buah ini kaya akan vitamin B6, magnesium, dan kalium yang dapat mengurangi retensi air dan rasa kembung, sambil tetap menjaga dengan baik fungsi pencernaan Anda.

  • Makan secara sadar (mindful eating)

Jika Anda makan secara terburu-buru dalam waktu tiga menit, maka Anda pun juga ikut menelan satu ton udara ke dalam tubuh, sehingga akhirnya dapat menyebabkan kembung. Lebih baik kunyah perlahan dan nikmati setiap kunyahan tersebut untuk menghindari perut kembung. Selain itu, hindari juga makan permen karet setelah makan siang, karena mereka memiliki efek yang sama dengan makan secara terburu-buru.

  • Lakukan yoga sedikit

Melakukan sedikit gerakan yoga dapat meningkatkan aliran darah ke saluran pencernaan Anda, serta dapat menyingkirkan racun penyebab sembelit dari organ-organ internal Anda.

  • Terakhir, berikan pijatan pada perut Anda

Sebuah studi yang dilakukan oleh Umea University di Swedia, menemukan bahwa pijatan perut dapat meningkatkan aliran darah, merelakskan otot-otot, mengurangi kembung, dan sangat baik untuk dilakukan juga ketika kram perut saat haid sedang terjadi.

Caranya : tidur telentang terlebih dhulu, lalu letakkan tangan kanan Anda di atas tangan kiri kemudian gerakkan kedua tangan searah jarum jam ke sekitar perut Anda. Mulai dari tulang pinggul sebelah kanan kemudian ke tulang rusuk, lalu lanjutkan hingga kedua tangan turun ke pinggul kiri Anda. Pijat dengan lembut dan perlahan, serta ulangi sebanyak sepuluh kali.

BACA JUGA : Manfaat Sehat Air Rebusan Kacang Hijau

Nah demikian informasi mengenai Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Pencernaan. Dengan melakukan hal-hal diatas, risiko anda untuk mengalami kondisi yang dapat mengganggu rutinitas sehari-hari akan semakin kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Sekian dan semoga bermanfaat.

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Pencernaan

Advertisements

2 thoughts on “Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Pencernaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s