Akibat Berenang Tanpa Melakukan Pemanasan

Bahaya berenang tanpa pemanasan merupakan efek negatif karena seseorang melakukan olahraga tidak diawali gerakan pelemasan otot tubuh terlebih dahulu. Ketahui selengkapnya Akibat Berenang Tanpa Melakukan Pemanasan

Selamat datang kembali di salah satu situs milik Alfian Herbal agen resmi Green World yatu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menjual berbagai jenis suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami tanpa tercampur bahan kimia.

Akibat Berenang Tanpa Melakukan Pemanasan

Akibat Berenang Tanpa Melakukan Pemanasan — Berenang merupakan olahraga unik yang bisa dilakukan di dalam air dan olahraga yang banyak dilakukan dan disukai. Karena olahraga berenang merupakan olahraga yang tidak terlalu melelahkan dan juga terasa menyenangkan dengan media air. Namun tentu sudah diketahui bahwa olahraga perlu pemanasan agar semuanya berjalan lancar.

Pemanasan dilakukan wajib sebelum olahraga. Fungsinya agar tubuh tidak akan terasa lelah dan kaget dengan kegiatan yang berat, karena olahraga termasuk pekerjaan berat yang menggunakan otot dan juga memaksa jantung memompa jantung. Sehingga pemanasan merupakan adaptasi yang dilakukan untuk tubuh. Pemanasan juga mengurangi kemungkinan cidera saat olahraga.

Inilah akibat berenang tanpa pemanasan

  • otot pergelangan kaki keseleo

Tanpa melakukan pemanasan seseorang yang melakukan renang akan mudah mengalami otot keseleo atau terkilir, Yaitu keseleo karena otot tubuh terkejut atau terpaksa untuk menerima gerakan dan merasa tidak siap untuk melakukan gerakan tersebut.

  • Urat terjepit

Sebelum berenang dianjurkan melakukan pemanasan setidaknya 20 -30 menit agar terhindar dari kekakuan dan menderita urat terjepit yang dapat menyebabkan bagian tubuh tertentu terasa nyeri dan sakit jika digerakan misalnya kaki, tangan dan punggung.

  • Saraf tubuh terganggu

Berenang tanpa pemanasan terlebih dahulu dapat menyebabkan saraf saraf tubuh mengalami ketegangan dan pengerutan akibat respon dari keterkejutan saraf yang belum siap untuk menerima gerakaan gerakan renang. Jika saraf tubuh terganggu maka akan menimbulkan nyeri pada semua jaringan tubuh pada malam hari.

  • Sakit kepala

Ketegangan saraf diseputar kepala dan otot tubuh secara bersamaan akibat berenang tanpa pemanasan dapat memicu bagian kepala dan belakang leher menderita sakit kepala yang berulang.

  • Pundak kaku dan pegal

Berenang tanpa pemanasan dapat menyebabkan pegal pegal disekujur tubuh secara berulang. Pegal pegal dapat timbul tenggelam dan memicu seseorang menjadi stres dan kesulitan untuk tidur dengan nyenyak.

  • Kelelahan luar biasa

Jika sering melakukan berenang tanpa persiapan pemanasan maka tubuh akan mudah terserang kelelahan dan dada sesak. Mudah lelah tersebut disebabkan seluruh otot dan saraf tubuh dipaksa untuk mengimbangi gerakan gerakan tubuh yang mendadak.

  • Nyeri kaki dan tangan

Tanpa pemanasan yang benar seseorang yang berenang seharian dapat mengalami kaki dan tangan nyeri. Kondisi tersebut dapat dirasakan pada malam hari , Hal itu disebabkan otot kaki dan tangan telah mengami paksaan bergerak selama berenang.

  • Nyeri dada

Berenang tanpa pemanasan juga dapat mengakibatkan ketidaksiapan jaringan pernafasan untuk mengikuti irama gerakan yang mendadak. Dada akan terasa berat dan nyeri karena mendapat tekanan mendadak selama didalam air dengan gerakan gerakan yang mendadak tanpa peregangan lebih dulu.

  • Aliran darah terhambat

Jika berenang dilakukan tanpa adanya pemanasan terlebih dahulu maka aliran darah diseluruh tubuh akan mengalami ketidaksiapan dalam menerima gerakan gerakan yang bervariasi ketika didalam air. Aliran adarah akan tersendat dan tidak lancar yang nantinya dapat menyebabkan rasa nyeri pada tubuh.

  • Nyeri ulu hati

Berenang tanpa pemanasan dapat menyebabkan ulu hati merasa mendapat tekanan berulang ulang ketika seseorang sedang melakuakn gerakan renang yang berubah ubah. Otot disekitar ulu hati belum siap mendapatkan gerakan gerakan yang mendadak tanpa peregangan terlebih dahulu, Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang mengalami mual dan ingin muntah karean ulu hatinya terasa tidak nyaman.

Itu dia gangguan kesehatan yang terjadi Akibat Berenang Tanpa Melakukan Pemanasan, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda semua.

Terus kunjungi situs https://obatpeningkatdayaingatblog.wordpress.com untuk mengetahui informasi mengenai kesehatan lainnya.

Akibat Berenang Tanpa Melakukan Pemanasan

Advertisements

One thought on “Akibat Berenang Tanpa Melakukan Pemanasan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s